Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2cara Guru Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Dengan Karakteristik Siswa

Setiap guru atau pendidik harus mampu menemukan metode atau teknik untuk mengembangkan kecerdasan majmuk yang ada pada peserta didik atau siswa dengan seimbang dan menyeluruh dengan menyesuaikannya dengan karakteristik lingkungan atau temapat tinggal sekitar berdas a rkan potensi yang dimiliki lengkap dengan nilai-nilai yang ada guna. Berarti mengembangkan kurikulum dan menggunakan pengajaran yang sesuai dengan minat.

Pedagogik Karakteristik Pengembangan Potensi Peserta Didik Profesional Kajian Materi Bahasa Dan Sastra Indonesia Sd Pdf Free Download

Kita selaku guru akan di sajikan dengan berbagai kondisi beberapa latar belakang status sosial minat siswa terhadap pembelajaran kemampuan siswa dan preferensi belajar siswa yang beraneka ragam dalam satu kelas.

2cara guru mengembangkan kecerdasan majemuk dengan karakteristik siswa. UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK MULTIPLE INTELLIGENCES PESERTA DIDIK KELAS 1 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL. Asri B 2005 112. Peserta didik harus dilihat sebagai individu yang memiliki.

Peraturan ini dapat ditulis dan dipajang di kamar anak atau di luar kulkas. Kecerdasan Majemuk Howard Gardner Lengkap. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Howard Gardner 1993 menegaskanbahwa skala kecerdasan yang selama ini dipakai ternyata memiliki banyak keterbatasan sehingga kurang dapat meramalkan kinerja yang sukses untuk masa depan seseorang. Mengembangkan kecerdasan majemuk siswa sekolah dasar. Berhubungan dengan kemampuan guru dalam mengemas pembelajaran.

Semua anak pada umumnya dapat mengembangkan setiap kecerdasan hingga tingkat penguasaan yang memadai apabila ia memperoleh cukup dukungan pengayaan dan pengajaran. Sedangkan kecerdasan majemuk adalah teori kecerdasan yang dikembangkan Howard Gardner 18 tahun silam yang mengemukakan bahwa paling tidak ada delapan jenis kecerdasan yaitu kecerdasan verbal-linguistik logis-matematis visualspasial kinestetik musik intrapribadi antarpribadi dan naturalisPandangan Howard Gardner dituangkan dalam buku. Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Karakteristik peserta didik sangat beragam tergantung kecerdasan yang dimilikinya. Sebagai seorang pendidik perlulah kita mengenal bahkan memahami tentang kecerdasan majemukKarena setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing. Keberhasilan pendidikan terkait dengan kemampuan orang tua dan guru dan memahami peserta didik sebagai individu yang unik.

Membuat peraturan bersama dalam keluarga melalui diskusi sehingga tiap anak merasa memiliki peraturan tersebut. - Kurangnya referensi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran - Kurangnya motivasi guru untuk mengembangkan perangkat yang dimiliki - Guru enggan menggunakan model dan kondisi kelas yang ribut Kurangnya inovasi guru dalam kegiatan pembelajaran terkait memunculkan kecerdasan majemuk siswa. Maka para guru di sekolah diharapkan mampu menggali dan mengembangkan serta mengarahkan siswa sesuai dengan kecerdasan-kecerdasan yang dimilikinya maka peluang keberhasilan siswa akan lebih besar karena guru sangat berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya.

Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh. Namun yang terjadi saat ini sistem pendidikan nasional masih. Pendidikan merupakan proses pengembangan potensi individu.

Berikut adalah penjelasan upaya meningkatkan kecerdasan majemuk siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA. Memberi kesempatan tanggung jawab di rumah misalnya mencuci peralatan makannya sendiri dll. Marilah kita lihat catatan lapangan dalam mengajar.

Menerapkan sistem belajar kelompok. Menurut Makmun 200956 guru dapat menandai kecerdasan umum peserta didik dengan cara membandingkan dengan peserta didik lainnya di dalam kelas. Yang ada adalah dia memiliki kecerdasan yang belum diketahui atau belum digali di antara 8 kecerdasan majemuk di atas.

1 Peserta didik yang cenderung selalu lebih cepat dan mudah memahami materi pelajaran dan menyelesaikan tugasnya dibandingkan dengan teman-temannya lebih awal dari waktu yang. Pihak pengelola sekolah dapat membantu dengan pengadaan kegiatan yang dapat mengidentifikasi karakteristik siswa. Kecerdasan telah ada dan mengakar dalam syaraf terutama dalam otak yang merupakan pusat seluruh aktivitas manusia.

Mengoptimalkan Kecerdasan Ganda untuk siswa dapat dilakukan hal ini dapat dilakukan dengan pembelajaran aktif dan efektif. Mereka memiliki cara tersendiri dan keunikan tersendiri untuk mengungkapkan apa yang mereka ketahui. Dapat memaksimalkan pembelajaran tematik yang mengembangkan kecerdasan majemuk peserta didik yang berbeda-beda.

Dengan demikian guru memandang tidak ada murid yang bodoh. Kecerdasan Emosional lingkungan belajar diupayakan dengan guru dalam mengawali pelajaran dengan sikap lemah lembut dengan cara bertahap meningkatkan antusiame suasana kelas seperti yang diinginkan siswa hendaknya guru mengembangkan rasa humor yang dapat menurunkan ketegangan 10 Kecerdasan Spiritual. Selain itu untuk membina siswa agar berpartisipasi aktif dalam belajar tidaklah AL MURABBI Volume 2 Nomor 2 Januari 2016 ISSN 2406-775X 190 Alhamuddin Desain Pembelajaran untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk mungkin dengan penjelasan pengertian saja akan tetapi perlu membiasakannya untuk melakukan hal-hal baik yang diharapkan.

Teori Multiple Intelligences bertujuan untuk mentransformasikan sekolah agar kelak sekolah dapat mengakomodasi setiap siswa dengan berbagai macam pola pikirnya yang unik. Hakikat Kecerdasan Majemuk Multiple Intelligences Tadkiroatun Musfiroh MHum. Strategi mengembangkan jenis kecerdasan ini antara lain dengan.

Dalam menerapkan model-model pembelajaran di sekolah guru didorong untuk yakin bahwa setiap siswa memiliki salah satu jenis kecerdasan tersebut. Melalui pendidikan potensi yang dimiliki individu akan diubah menjadi kompetensi. Tugas Akhir M4 PPG di LPTK UNY mengerjakan tentang studi kasus kecerdasan majemuk siswa.

Kecerdasan Verbal-Linguistik Dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar kecerdasan verbal linguistik dapat dilatih dengan cara. KONSEP KECERDASAN MAJEMUK PERSPEKTIF HOWARD. Upaya guru dalam mengenal sekaligus menguasai karakteristik siswa membutuhkan dukungan dari banyak pihak diantaranya pengelola sekolah orang tua dan siswa itu sendiri.

Pengertian Kecerdasan Majemuk Kecerdasan majemuk merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dan juga menciptakan produk yang memiliki nilai budaya. Atau anak yang dapat menghasilkan sesuatu yang juga bisa dinikmati di dalam kehidupan manusia. Multiple intelligences memiliki karakteristik konsep yang berbeda dengan karakteristik.

Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Http Sc Syekhnurjati Ac Id Esscamp Risetmhs Bab414146310008 Pdf

Http Etheses Uin Malang Ac Id 9609 1 13140013 Pdf

Top Pdf Kecerdasan Majemuk

Https Media Neliti Com Media Publications 215728 None Pdf

Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan Jenis Kecerdasan Siswa

Doc Pengembangan Potensi Peserta Didik Asoh Sundawati Academia Edu

Pendidikan Yang Menggugah Dan Menggairahkan Di Tengah Covid 19 Halaman All Kompas Com

Pdf Implementasi Metode Sentra Terhadap Kecerdasan Majemuk Pada Peserta Didik Kelas I Sd Tazkia Global Islamic School Sentul Bogor


Posting Komentar untuk "2cara Guru Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Dengan Karakteristik Siswa"