Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Siswa Menurut Teori Kecerdasan Ganda

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif akan dapat mengembangkan sumua kecerdasan siswa antara lain dengan cara. Howard Gardner 1993 menegaskanbahwa skala kecerdasan yang selama ini dipakai ternyata memiliki banyak keterbatasan sehingga kurang dapat meramalkan kinerja yang sukses untuk masa depan seseorang.

Teori Multiple Intelegences Life Knowledge Study

Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemudian ilmu tentang kecerdasan intelegence pun ikut berkembang.

Cara belajar siswa menurut teori kecerdasan ganda. Dia adalah seorang profesor pendidikan di Universitas Harvard dan percaya bahwa kecerdasan tradisional di mana IQ atau kecerdasan kecerdasan seseorang tidak memperhitungkan banyak cara brilian yang dilakukan orang. Teori Multiple Intelligences bertujuan untuk mentransformasikan sekolah agar kelak sekolah dapat mengakomodasi setiap siswa dengan berbagai macam pola pikirnya yang unik. Selama berabad-abad dunia pendidikan hanya terfokus pada pengembangan otak kiri dengan acuan psikometrik.

Srategi pembelajaran kecerdasan ganda bertujuan agar semua potensi anak dapat berkembang. Teori ini dikemukakan oleh Howard Gardner di tahun 1893 dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind. Strategi dasar pembelajarannya dimulai dengan 1 membangunkanmemicu kecerdasan 2 memperkuat kecerdasan 3 mengajarkan dengan untuk kecerdasan dan 4 mentransfer kecerdasan.

Itulah sebabnya Bell 197897 menyatakan bahwa memahami teori tentang bagaimana seorang siswa belajar dan kemampuan menerapkannya dalam pembelajaran matematika. TEORI KECERDASAN GANDA Minggu 31 Agustus 2008. Teori Belajar Revolusi Sosiokultural b.

Guru musik misalnya selain mampu memainkan instrumen musik ia juga harus mampu mengajarkannya sehimgga dapat menjadi panutan yang baik bagi siswa yang memiliki. Di samping itu juga kecerdasan ini dapat membantu menemukan cara kerja pola dan hubungan mengembangkan keterampilan pemecahan. Peneliti yang mengembangkan sebuah ilmu bermacam macam teori dalam belajar dan juga di dalam psikologi berupa teori belajar kognitif yaitu Ausubel.

Mereka belajar dengan cepat operasi bilangan dan cepat memahami konsep waktu menjelaskan konsep secara logis atau menyimpulkan informasi secara matematik. Evaluasi dalam teori belajar ini bukanlah bertumpu terhadap hasil melainkan pada seberapa sukses siswa tersebut dalam mengorganisasi pengalaman belajar yang didapatnya saat proses belajar. Teori kecerdasan ganda merupakan konsep baru yang muncul sebagai kritik terhadap psikometrik yang menganggap kecerdasan manusia hanya pada kemampuan kuantitatif dan verbal saja kemampuan otak kiri.

Prinsip dasar belajar menurut teori ini. Desain pembelajaran yang variatif dimaksudkkan untuk memberi ruang kepada siswa dengan cara belajar yang berbeda. Mengaktifkan seluruh indera siswa dengan memberdayakan semua kecerdasa yang dimiliki setiap siswa.

Teori kecerdasan ganda dikembangkan oleh Dr. Maka setiap guru harus belajar dari teori yang dikemukakan para pakar. Teori kecerdasan majemuk bukan hanya mengakui perbedaan individual ini untuk tujuan-tujuan praktis seperti pengajaran dan penilaian tetapi juga menganggap serta menerimanya sebagai.

Howard Gardner pada tahun 1983. Berbagai cara siswa belajar di samping pengenalan pengakuan dan penghargaan terhadap setiap minat masing-masing siswa. Kesembilan jenis kecerdasan itu.

Pada dasarnya teori ini menggabungkan antara potensi-potensi otak kanan dan otak kiri sehingga potensi-potensi tersebut dapat berjalan optimal. Kecerdasan ganda dalam pengelolaan pembelajaran Matematika di SMP. Sejarah Munculnya Teori Kecerdasan Ganda Multiple Intelegence Istilah kecerdasan intelegence bukanlah sesuatu yang baru.

Setiap metode digunakan untuk meningkatkan jenis kecerdasan yang spesifik yaitu. Teori Belajar Sosial d. Salah satu implemtasi Teori Kecerdasan Ganda Multiple Inteligence dalam pembelajaran adalah bagaimana Meningkatkan Kecerdasan Ganda siswa.

Teori Pembelajaran Menurut Islam Kemampuan untuk belajar merupakan. Sehingga kecerdasan ganda siswa dapat dioptimalkan perkembangannya. Kecerdasan merupakan potensi yang dimiliki seseorang yang dapat diaktifkan melalui proses belajar interaksi dengan keluarga guru teman dan nilai-nilai budaya yang berkembangTeori belajar ini disebut.

Dalam menerapkan teori kecerdasan ganda sistem sekolah perlu menyediakan guru-guru yang kompeten dan mampu membawa anak mengembangkan potensi-potensi kecerdasan yang mereka miliki. Guru musik misalnya selain mampu memainkan instrumen musik ia juga harus mampu mengajarkannya sehimgga dapat menjadi panutan yang baik bagi siswa yang memiliki. Teori Kecerdasan Ganda c.

Guru musik misalnya selain mampu memainkan instrumen musik ia juga harus mampu mengajarkannya sehimgga dapat menjadi panutan yang baik bagi siswa yang memiliki. Tidak mentransferkan pengetahuan yang dimilikinya pada siswa tetapi guru dituntut untuk memahami jalan pikiran atau cara pandang setiap siswa dalam belajar. Dalam menerapkan teori kecerdasan ganda sistem sekolah perlu menyediakan guru-guru yang kompeten dan mampu membawa anak mengembangkan potensi-potensi kecerdasan yang mereka miliki.

Berikut ini sejumlah cara atau metode dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kemampuan individu. Teori Kecerdasan Ganda Multiple Intelligences merupakan teori yang dicetuskan oleh Howard Gardner. The Theory of Multiple Intelligences.

Teori kecerdasan ganda Multiple Intelligence. Ada siswa yang mudah belajar dengan cara melihat dengan komposisi warna-warna tertentu ada yang mudah menangkap dengan cara memberikan gerakan-gerakan ada yang dapat. Dalam menerapkan teori kecerdasan ganda sistem sekolah perlu menyediakan guru-guru yang kompeten dan mampu membawa anak mengembangkan potensi-potensi kecerdasan yang mereka miliki.

Selain itu untuk membina siswa agar berpartisipasi aktif dalam belajar tidaklah AL MURABBI Volume 2 Nomor 2 Januari 2016 ISSN 2406-775X 190 Alhamuddin Desain Pembelajaran untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk mungkin dengan penjelasan pengertian saja akan tetapi perlu membiasakannya untuk melakukan hal-hal baik yang diharapkan. Teori kecerdasan ganda atau theory of multiple intelligences adalah teori kecerdasan yang biasa digunakan sebagai acuan untuk dapat memahami bakat dan kecerdasan seorang individu dengan lebih baik. Terdapat sembilan jenis kecerdasan dalam tingkat yang berbeda-beda.

Hal terus dikarenakan banyak peneliti dari berbagai disiplin ilmu melakukan penelitian tentang otak manusia secara fisik maupun potensi yang ada dalam.

Pdf Teori Kecerdasan Majemuk Gardner Mattias Malanthon Academia Edu

Makalah Teori Belajar Kecerdasan Berganda

Teori Kecerdasan Jamak Multiple Intelligences

Teori Kecerdasan Ganda Multiple Inteligence Be A Wise Writer

Teori Kecerdasan Ganda Dan Penerapannya Dalam Kegiatan Pembelajara Authorstream

Teori Belajar Kecerdasan Ganda Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kewarganegaraan

Doc Teori Kecerdasan Ganda Docx Friska Senja Cahyani Academia Edu

Teori Multiple Intelegences Life Knowledge Study

Kecerdasan Ganda


Posting Komentar untuk "Cara Belajar Siswa Menurut Teori Kecerdasan Ganda"