Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Siswa Antusias Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw

Siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Dengan model pembelajaran ini diharapkan siswa memilki aktivitas belajar yang tinggi dan merata serta tetap menghasilkan hasil belajar yang tinggi.

Makalah Model Model Pembelajaran Beserta Sintaknya Karyatulisku

3 Proses pembelajaran hanya bersifat cer amah sehingga belum dapat menumbuhkan kreatifitas guru dan siswa.

Apakah siswa antusias menggunakan model pembelajaran jigsaw. PEMBELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BENTANGAN TAHUN PELAJARAN 20122013. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan tentang penggunaan media Puzzle di berbagai subjek mata pelajaran di sekolah telah efektif dalam meningkatkan kemampuan. 1 Kurang rutin dilakukannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran bervariasi seperti halnya model pembelajaran kooperatif2 Belum tercapainya hasil belajar siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak- tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting yang dirangkum oleh Ibrahim et al. Kondusif dan siswa menunjukkan antusias. Baik siswa maupun guru masih terbawa terbiasa dengan model pembelajaran konvensional yang didalamnya materi ajar diberikan hanya satu arah yaitu dari guru kepada siswa.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI. Gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat dilihat berdasarkan hasil observasi terhadap guru dan siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Bayongbong dengan sampel diambil secara Purposive Sampling yaitu kelas VII H kelas eksperimen dan VII D kelas kontrol.

Dalam pembelajaran hendaknya guru mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sehingga siswa lebih antusias aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi mengalami peningkatan. Hipotesis tindakan adalah jika model pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw digunakan dalam pembelajaran geografi maka hasil belajar siswa kelas X IPS1 SMA Prasetya.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII K SMP Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 20142015. 2 Bagi calon guru maupun guru-guru tetap agar bisa mengembangkan kreatifitas mengajar dalam menerapakan model-model pembelajaran yang baru dan bervariasi sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Jigsaw terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di kelas V MIS Al-Manar Tembung Tahun Pelajaran 20172018.

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw atau tim ahli dapat diaplikasikan pada berbagai mata pelajaran dan tingkatan pendidikan. A54B090146 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012 103 Halaman. Sementara itu menurut Johnson.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Model Jigsaw. Dalam Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw siswa dibagi dalam beberapa kelompok belajar yang heterogen yang beranggotakan 3-5 orang dengan menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli. Para siswa tersebut diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit dan diberikan lembar ahli yang terdiri atas topik-topik yang berbeda yang harus menjadi fokus perhatian masing-masing anggota tim saat mereka membaca.

Berkembangnya interaksi sosial antar siswa. Hasil Belajar Model Make A Match Model Jigsaw Abstract The type of this research is experiment with research population is all class X SMA N 3. Dalam pembelajaran hendaknya guru banyak melibatkan siswa sehinga siswa akan terlatih aktif terlibat dalam pembelajaran.

Yaitu pembahasan model pembelajaran jigsaw hasil belajar IPS pada tingkat Sekolah Dasar yang relevan dengan pembelajaran IPS dan adanya data sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw dan sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw dalam bentuk skor nilai. 1Guru dan siswa masih asing dengan model jigsaw. Skripsi yang berjudul PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N 2 SABRANGLOR TRUCUK KLATEN yang disusun oleh Riesa Dewi Setianingrum NIM 12108244022 ini telah dipertahankan di depan Dewan Penguji pada tanggal 2 Juni 2016 dan dinyatakan lulus.

Hasil belajar akademik Dalam belajar kooperatif meskipun mencakup beragam tujuan sosial juga memperbaiki prestasi siswa atau tugas-tugas akademis penting lainnya. Kelompok asal adalah kelompok awal siswa terdiri dari berapa anggota kelompok ahli yang dibentuk dengan memperhatikan keragaman dan latar belakang. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang semula yang tuntas KKM itu kurang dari 50 tetapi setelah menggunakan model pembelajaran Jigsaw yang tuntas KKM meningkat menjadi lebih dari 75 karena model Jigsaw ini siswa bisa termotivasi dan aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS.

Data aktivitas mengajar guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Pertemuan Skor Persentase Kategori Pertama Kedua Ketiga. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada pembelajaran model Jigsaw para siswa bekerja dalam tim yang heterogen. Bagaimana hasil belajar Bahasa Indonesia siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas V MIS Al-Manar Tembung Tahun Pelajaran 20172018.

Solusi dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran TIK di sekolah ini ialah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan aplikasi Puzzle JigsawPlanet. Menggunakan model siklus Kemmis dan MC. Waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan model jigsaw lebih banyak daripada pembelajaran konvensional.

Penelitian ini sebagai berikut. Saran peneliti yaitu 1 Agar pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat diterapkan di SD Inpres Salabenda. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.

Pdf Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tik Siswa Kelas Xi Is 2 Sma Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2009 2010

Https Ejournal Upi Edu Index Php Jer Article Download 9619 5928

Top Pdf Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Http Download Garuda Ristekdikti Go Id Article Php Article 1320112 Val 721 Title Meningkatkan 20hasil 20belajar 20ips 20dengan 20menggunakan 20model 20pembelajaran 20kooperatif 20tipe 20jigsaw 20pada 20siswa 20kelas 20iv 20sdn 201 20gimpubia

Pdf Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar

Pdf Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips

Pdf Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Apresiasi Cerpen

Pdf Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 020 Tembilahan Hilir

Https Jurnal Ustjogja Ac Id Index Php Sn Pgsd Article Download 4763 2447


Posting Komentar untuk "Apakah Siswa Antusias Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw"