Bentuk Penilaian Yang Digunakan Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa
Sedangkan menurut Sudjana 2013. Sudjana 2005 mengatakan bahwa penilaian hasil belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dengan kriteria tertentu.
Instrumen Penilaian Sikap Pengetahuan Dan Ketrampilan Penilaian Kepala Sekolah Pengetahuan
Portofolio merupakan kumpulan hasil karya tugas atau pekerjaan siswa yang disusun berdasarkan urutan kategori kegiatan.

Bentuk penilaian yang digunakan untuk menilai hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan antara lain daftar cek atau skala penilaian rating scale yang disertai rubrik yang hasil akhirnya dihitung berdasarkan modus. C Baik Cukup baik 4. Penilaian individual perlu memperhatikan nilai universal seperti.
Portofolio demikian disebut juga portofolio untuk penilaian atau asesmen portofolio. Tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian luas mencakup bidang kognitif afektif dan psikomotorik. Penilaian produk dari sebuah proyek dimaksudkan untuk menilai kualitas dan bentuk hasil akhir secara holistik dan analitik.
Hasil penilaian keterampilan oleh pendidik dianalisis lebih lanjut untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar dikembalikan kepada peserta didik disertai balikan feedback berupa komentar yang mendidik penguatan yang dilaporkan kepada pihak terkait dan dimanfaatkan untuk perbaikan pembelajaran. Rubrik penilaian hasil belajar siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua dapat dilihat pada tabel berikut. 16Instrumen penilaian adalah alat yang disusun oleh pendidik untuk mendapatkan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik meliputi instrumen tes lisan penugasan kinerja proyek.
Pada dokumen kurikulum tercantum banyak hasil belajar yang menggambarkan proses kegiatan atau unjuk kerja. Jenis Penilaian unjuk kerja adalah jenis penilaian yang berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik. Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan guru sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar siswa.
Untuk menilai sejauhmana siswa telah menguasai beragam kompetensi tentu saja berbagai jenis penilaian perlu diberikan sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai seperti unjuk kerjakinerja performance penugasan proyek hasil karya produk kumpulan hasil kerja siswa portofolio dan penilaian tertulis paper and pencil test. Penilaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran bukanlah pekerjaan yang mudah karena harus membutuhkan latihan serta penguasaan teori-teori tentang penilaian yang terkait dengan hal apa yang akan dinilai. Hal ini mengisyaratkan bahwa objek yang dinilainya adalah hasil belajar siswa.
A Baik Sangat baik 2. B Baik Baik 3. TB dilakukan untuk mengkur hasil belajar yakni sejauh mana perubahan perilaku yang diinginkan dalam tujuan pembelajaran yang telah dicapai oleh para siswa.
Hasil belajar yang diteliti dalam penelitian ini ialah hasil belajar kognitif IPS yang mencakup tiga tingkatan yaitu pengetahuan pemahaman dan penerapan. Penilaian dilakukan terhadap unjuk kerja tingkah laku atau interaksi siswa. Data dan informasi hasil penilaian akan menjadi masukan yang berguna dalam pembuatan kebijakan pendidikan kenaikan atau kelulusan siswa jika digunakan secara layak appropriate dan sesuai tujuan.
Tabel 1Hasil penilaian kemampuan mahasiswa calon guru membuat rubrik untuk menilai hasil belajar siswa No Subjek penelitian Pertemuan I Pertemuan II 1. Cara penilaian hasil belajar siswa pada pendidikan dasar dan menengah meliputi aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. PENILAIAN KOMPETENSI SISWA DALAM BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS TAHUN PELAJARAN 20052006.
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menilai sikap peserta didik antara lain melalui observasi penilaian diri penilaian teman sebaya dan penilaian melalui jurnal. Disiplin jujur tekun cermat teliti tanggungjawab rendah hati sportif etos kerja toleran sederhana bebas antusias. Dalam mengukur hasil belajar siswa di dorong untuk menunjukkan penampilan maksimalnya.
Performance assessment digunakan untuk menilai kemampuan siswa melalui penugasan. Penilaian individual Penilaian individual adalah penilaian yang dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi atau hasil belajar secara perorangan. Portofolio dalam arti ini dapat digunakan sebagai instrument penilaian atau salah satu komponen dari instrument penilaian untuk menilai kompetensi siswa atau menilai hasil belajar siswa.
Instrumen ini digunakan untuk menilai asspek sikap dan minat terhadap mata pelajaran konsep diri dan nilai. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan menjelaskan bahwa penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Benar adanya sebuah instrumen penilaian yang dirancang untuk satu tujuan tertentu.
Untuk menilai hasil belajar tersebut dibutuhkan pengamatan terhadap siswa ketika melakukannya. Performance assessment adalah penilaian berdasarkan hasil pengamatan penilai terhadap aktivitas siswa sebagaimana yang terjadi. Sebagai materi utama laporan hasil belajar kepada para orang tua siswa.
Hal ini mengisyaratkan bahwa objek yang dinilainya adalah hasil belajar siswa. Untuk dapat melakukan penilaian yang efektif maka perlu diperhatikan. 44 Bentuk objektif digunakan dalam menilai hasil belajar disebabkan luasnya bahan pelajaran yang dicakup dalam tes dan mudahnya menilai jawaban yang diberikan.
15Metode atau teknik penilaian adalah cara yang digunakan oleh pendidik untuk melakukan penilaian dengan menggunakan berbagai bentuk instrumen penilaian. Penggunaan berbagai teknik dan alat itu harus disesuaikan dengan tujuan penilaian waktu yang tersedia sifat tugas yang dilakukan siswa dan banyaknyajumlah materi pelajaran yang sudah disampaikan. Penilaian produk dimaksud meliputi penilaian atas kemampuan peserta didik menghasilkan produk seperti makanan pakaian hasil karya seni gambar lukisan patung dan lain-lain barang-barang terbuat dari kayu kertas.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif ialah tes. Sudjana 2005 mengatakan bahwa penilaian hasil belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dengan kriteria tertentu. Jadi tes objektif adalah tes yang memerlukan satu jawaban yang tepat dari beberapa alternatif jawaban yang ada.
Ruang Lingkup Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik 1 Matra Pendidikan
Pedoman Penilaian Hasil Belajar Ppt Download
Konsep Dan Strategi Penilaian Hasil Belajar Permendikbud No 81a Ppt Download
Analisis Penilaian Hasil Belajar Ppt Download
Bentuk Dan Kegunaan Penilaian Hasil Belajar Siswa 3 Matra Pendidikan
Lembar Kerja 4 Instrumen Penilaian Sikap Pengetahuan Dan Ketrampilan Penentuan Teknik Dan Bentuk Penilaian Mata Office Word Microsoft Excel Microsoft Word
Petunjuk Teknis Juknis Penilaian Hasil Belajar Pada Mi Mts
Posting Komentar untuk "Bentuk Penilaian Yang Digunakan Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa"