Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aspek Penilaian Psikomotorik Siswa

Misalnya Siswa akan rela berpartisipasi dalam upacara kenaikan bendera dengan berdiri tegak dan menyanyikan lagu kebangsaan dengan volume suara penuh. Penguasaan aspek psikomotorik siswa diidenti-fikasi dengan memberi tanda check X untuk keter-capaian kompetensi pada tiap aspek psikomotorik menjumlahkan skor total yang diperoleh untuk semua aspek pada tiap siklus menghitung persenta-senya kemudian membandingkan hasil persentase aspek psikomotorik antara siklus I dan siklus II.

Lembar Penilaian Psikomotor Revisiku

Penilaian adalah suatu proses sistematis yang mengandung pengumpulan informasi menganalisis dan menginterpretasi informasi tersebut untuk membuat keputusan keputusanPenilaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapain kompetensi yang memuat satu ranah atau lebih kognitif afektif dan psikomotorik.

Aspek penilaian psikomotorik siswa. Dimana psikomotorik merupakan salah satu ranah penilaian yang membutuhkan instrumen penelitian dan penilaian yang cukup komplek. Penelitian ini bertujuan untuk 1 mengetahui pengembangan instrumen penilaian afektif dan psikomotorik 2 mengetahui pengimplementasian penilaian afektif dan psikomotorik 3 pengolahan data hasil penilaian afektif dan psikomotorik menjadi nilai raport pada pembelajaran sejarah. Data penilaian produk yang diperoleh diubah menjadi data deskriptif kuantitatif.

Penilaian merupakan salah satu tahap dalam proses pembelajaran. Penilaian diatas hanya mempedulikan kemampuan melempar siswa padahal penilaian juga harus memperhatikan ranah kognitif dan afektif siswa. Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki untuk menilai sesuatu kasus yang diajukan oleh penyusun soal.

Penilaianpenghargaanevaluasi evaluation aspek ini berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual dari mengingat sampai pada kemampuan memecahkan masalah. IMPLEMENTASI PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM AL AZHAR 25 SEMARANG Bab ini merupakan penyajian data tentang gambaran implementasi penilaian aspek psikomotorik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Islam al Azhar 25 yang berlokasi di JL. Ada 3 tingkat tujuan termasuk taksonomi yaitu.

Mencakup kemampuan untuk memberikan penilaian terhadap sesuatu dan memposisikan diri sesuai dengan penilaian itu. Aspek psikomotorik ini dapat dilakukan dan diukur dengan pengamatan secara langsung ketika proses pembelajaran dari tingkah laku siswa mengamati siswa setelah pembelajaran dengan memberikan tes yang mengukur pengetahuan sikap dan juga keterampilan yang ditangkap dari proses pembelajaran. Penilaian psikomotorik siswa penting dilakukan penilaian sebab aspek ini menilai bagaimana siswa melakukan gerak sesuai kompetensi keilmuan masing-masing.

Observasisebagai alat penilaian banyak digunakan untuk mengukur tingkah laku individu ataupun proses terjadinya suatu kegiatan yang dapat diamati baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan. Lalu cara apa yang bisa kita gunakan agar nilai kognitif afektif dan psikomotorik dapat teramgkum dalam satu nilai. Kemampuan psikomotorik siswa dalam lingkup indikator penelitian ini.

Bentuk penilaian ranah psikomotorik dan contoh instrumennya pada mata pelajaran kimia. Observasi dilaksanakan selama proses belajar mengajar berlangsung dan dilakukan oleh pengamat atau observer yaitu peneliti dan dibantu oleh mahasiswa PGRI FKIP Pendidikan fisika untuk. Hasil penelitian ini berupa instrumen penilaian yang sudah melalui tahap.

SCRIVEN 1967 ARIKUNTO 2009. Penilaian psikomotorik implementasinya dapat dilakukan dengan menggunakan observasiatau pengamatan. The indicator is that teachers have difficulty using non-test evaluation instruments and do not have time to prepare non-test evaluation instruments in evaluating the affective and psychomotor domains of students.

Dengan kata lain kegiatan belajar yang banyak berhubungan dengan ranah psikomotor adalah praktik di aulalapangan dan praktikum di laboratorium. Untuk memecahkan masalah tentu saja siswa dituntut untuk bisa dan mahir menghubungkan dan menggabungkan beberapa metode gagasan ide atau prosedur yang telahdipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. No JenisAspek Sikap Standar Pencapaian Strategi Penilaian Deskripsi Skor 5 Bertanggung jawab Tidak menyontek dalam ulangan Menyelesaikan tugas sesuai dan tepat waktu Observasi aktivitas siswa dalam ulangan Selalu 5 Sering 4 kadang-kadang 3 Jarang 2 sangat jarang 1 6 Sikap percaya diri Mampu tampil secara wajar dalam kegiatan dengan massa.

Penilaian tidak dapat dilakukan cukup dengan menjawab soal tetapi dengan merancang kegiatan yang dapat menunjukkan kemampuan yang dimiliki. ASPEK-ASPEK PENILAIAN RANAH KOGNITIF AFEKTIF PSIKOMOTOR ASSESMEN PEMBELAJARAN FISIKA JURDIK FISIKA FPMIPA UPI. HASIL PENELITIAN Siklus I.

Salah satu jenis penilaian adalah penilaian psikomotorik. Salah satu penilaian aspek psikomotorik yang penting dilakukan pada mata pelajaran kimia adalah praktikum. Komotorik siswa dalam bentuk angka.

Ada beberapa masalah yang menjadi kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Sambi kabupaten Boyolali tahun pelajaran 20132014. Aspek-aspek penilaian ranah kognitif afektif psikomotor Mega Astutik Membangun makna dari pesan pembelajaran lisan tulisan dan komunikasi grafikTaksonomi yang dikembangkan Bloom dkk lebih condong dkk lebih condong bersifat mental VIVIANE DE LANDSHEERE ARIKUNTO 2009 MENGATAKAN. Instrumen Evaluasi Non-tes yang Terabaikan Dalam Penilaian Ranah Afektif dan Psikomotorik.

Hasilnya menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar psikomotor atau keterampilan harus mencakup persiapan proses dan produk. Observasi yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan observasi aspek psikomotorik siswa. Psikomotorik siswa dengan menggunakan metode library research.

Psikomotorik yang diukur dapat menggunakan alat ukur berupa skala penilaian terentang dari sangat baik baik kurang kurang dan tidak baik. Terdiri dari kesesuaian aspek psikomotorik yang akan dinilai aspek kebahasaan aspek penulisan aspek penampilan fisik aspek waktu dan aspek sistematika.

363178202 Lembar Observasi Psikomotorik Doc

Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor Praktikum Kimia Pada Konsep Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Pdf Free Download

Alat Ukur Ranah Psikomotor Dan Analisisnya Ppt Download

Penilaian Psikomotor

Materi 5 Penyusunan Rubrik Penilaian Aspek Afektif Dan Psikomotor

Instrumen Penilaian Psikomotor Siswa

Rubrik Penilaian Ranah Psikomotor Siswa Dalam Praktikum Dengan Menggunakan Penuntun Praktikum Berorientasi Inkuiri Terbimbing

Penilaian Psikomotorik

Contoh Penilaian


Posting Komentar untuk "Aspek Penilaian Psikomotorik Siswa"