Cara Menilai Prestasi Siswa Yang Memiliki Berbagai Kecerdasan
Seorang siswa SD memiliki kecerdasan spasial-visual dan musikal. Betul siswa tersebut mampu dalam bidang sains tetapi akan tidak maksimal dan menjadi orang biasa saja tanpa prestasi yang menonjol pada bidang tersebut bahkan tidak sedikit yang gagal.
Penilaian yang dilakukan oleh guru harus mampu membuat setiap siswa berprestasi dan menemukan potensi unik yang dimiliki oleh setiap siswa.

Cara menilai prestasi siswa yang memiliki berbagai kecerdasan. Sedangkan kecerdasan majemuk adalah teori kecerdasan yang dikembangkan Howard Gardner 18 tahun silam yang mengemukakan bahwa paling tidak ada delapan jenis kecerdasan yaitu kecerdasan verbal-linguistik logis-matematis visualspasial kinestetik musik intrapribadi antarpribadi dan naturalisPandangan Howard Gardner dituangkan dalam buku. Pencapaian prestasi siswa yang disebut juga. Jurnal Didaktik Matematika 2016.
Mindset inilah yang perlu dibenahiKecerdasan tidak hanya dipengaruhi oleh nilai prestasi akademik tapi juga minat seseorang. Selama di kelas ia mudah lelah dan cepat bosan serta. Demikian juga untuk bidang kecerdasan yang lainMenilai potensi dan cara anak dalam mencapai tujuan tertentu merupakan langkah awal dalam mengenal kecerdasan ganda.
Belajar berbagai macam hal yang pada akhirny a. Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunian-Nya sehingga penulisan tugas akhir yang berjudul Hubungan antara Kecerdasan Logika Matematika dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Ngawen Gunungkidul Tahun Pelajaran 20172018ini dapat diselesaikan. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Siswa Pada SMP Negeri 4 Lalan Desa Bumi Agung Kabupaten Musi Banyuasin bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi yang terdiri dari Self awreness Self management Motivation social awareness.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI. Di mana biasanya individu yang memiliki intelegensi yang tinggi dia akan memiliki prestasi yang membanggakan di kelasnya dan dengan prestasi yang dimilikinya ia akan lebih mudah meraih keberhasilan18 Meskipun semua orang tahu apa yang dimaksud dengan intelegensi atau kecerdasan namun sukar sekali untuk mendefinisikan hal ini secara tepat. Angket digunakan untuk mengetahui kemampuan self regulated learning dan kecerdasan emosional.
Anak yang memiliki keunggulan di bidang matematika misalnya diminta untuk membimbing teman-temannya yang kurang dalam bidang matematika. Ada yang memiliki arakter yang baik adapula yang jahat. Banyak contoh disekitar kita membuktikan bahwa orang yang memiliki kecerdasan otak saja belum tentu sukses berkiprah di dunia pekerjaan.
Padahal si anak lebih mampu dan berminat di bidang ilmu sosial. Bagaimanakah mengenali ciri keseharian siswa yang dominan cara belajarnya menggunakan indera penglihatannya pendengarannya atau. Faktor-faktor tersebut dapat bersumber dari dalam dan luar peserta didik.
Menilai Prestasi Belajar melalui Penguatan Self Regulated Learning dan Kecerdasan Emosional Siswa pada Pembelajaran Matematika. Sperti Cooperative Learning Contectual Teaching Learning CTL Quantum Teaching PAKEM mapun yang lainnya. Siswa memiliki cara yang berbeda dalam belajar maka siswa pun cenderung.
Jadi jika siswa merasa tidak dimengerti pada suatu pelajaran atau pembahasan. Karena siswa memiliki tingkat intelegensi yang berbeda-beda satu sama lainnya. Akan terlihat nantinya siswa mana yang unggul di bidang MIPA matematika dan Ilmu Pengetahuan alam olahraga art seni dan lain sebagainya.
Prayitno 1985 mengemukakan bahwa masalah adalah sesuatu yang tidak disukai adanya menimbulkan kesulitan bagi diri sendiri dan atau orang lain ingin atau perlu. Kedua Individu yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang lebih baik dapat menjadi lebih terampil dalam menenangkan dirinya dengan. 4 Nurussakinah Daulay 2015 Psikologi Kecerdasan Anak Medan.
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi akademik peserta didik. Definisi Masalah Belajar Masalah adalah ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan ada yang melihat sebagai tidak terpenuhinya kebutuhan seseorang dan adapula yang mengartikannya sebagai suatu hal yang tidak mengenakan. Melalui asesmen guru mengetahui karakteristik semua peserta didiknya guru akan memahaminya dan membuat rancangan pembelajaran yang tepat sesuai dengan krakateristik masing-masing peserta didik untuk menunjang prestasi belajarnya.
Ada siswa yang hanya butuh 5 menit untuk memahami suatu materi tapi ada siswa yang membutuhkan 25 menit baru ia bisa mencerna materi. Dengan demikian dalam menilai dan menstimulasi kecerdasan anak guru selayaknya dengan jeli dan cermat merancang sebuah metode khusus. Kadang ada siswa yang memiliki dorongan yang kuat untuk berprestasi dan kesempatan untuk meningkatkan prestasi tapi dalam kenyataannya prestasi yang dihasilkan di bawah kemampuannya.
Bahwa siswa yang memiliki self regulated learning akan secara aktif melakukan aktifitas belajarnya. Siswa yang memiliki taraf inteligensi yang rendah diperkirakan juga akan memiliki prestasi belajar yang rendah. Melalui sekolah siswa belajar berbagai macam hal yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan prestasi.
Namun bukanlah suatu yang tidak mungkin. Misalnya orang tua siswa berasumsi bahwa anak yang pintar ialah yang menguasai ilmu pastiMaka dari itu si anak harus masuk jurusan ilmu alam. Ada yang mudah marah adapula yang penyabar.
Memiliki kecerdasan majemuk multiple intellegence. Di sinilah peran guru yang memiliki kesadaran sense of achiement. Sebaliknya seorang yang memiliki minat punya keseriusan pada satu bidang dan menggeluti bidang tersebut niscaya akan meraih prestasi yang gemilang.
2002 dan berbagai sumber Lantas apa upaya yang bisa dilakukan guru untuk mengoptimalkan. Oleh karena itu bagi Gardner tidak ada anak yang bodoh atau pintar yang ada adalah anak yang menonjol dalam salah satu atau beberapa jenis kecerdasan. Menilai Prestasi Belajar melalui Penguatan Self Regulated Learning.
HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL Eva Nauli Thaib. Anak bangsa Indonesia menjadi generasi mandiri yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Negatif terhadap motivasi siswa cara guru menyajikan pelajaran bagaimana.
Man Model 1 Manado Official Website Mengaktifkan Pola Belajar Dengan Kecerdasan Majemuk Multiple Intelegence
Teori Multiple Intelegences Life Knowledge Study
Pdf Kecerdasan Majemuk Pada Anak
Http Journal Unj Ac Id Unj Index Php Pgsd Article Download 7976 5654
Https Media Neliti Com Media Publications 265969 Membangun Karakter Siswa Dan Meningkatka 077d27a6 Pdf
Macam Macam Kecerdasan Majemuk Yang Dimiliki Anak Bukan Iq Saja
Ppt Kuliah Ke Xiv Kompetensi Guru Dalam Berbagai Perspektif Ii Powerpoint Presentation Id 5983213
Teori Multiple Intelegences Life Knowledge Study
Posting Komentar untuk "Cara Menilai Prestasi Siswa Yang Memiliki Berbagai Kecerdasan"